Friday 10 February 2012

Apa Ini Yang Namanya Jodoh?

                Sekarang udah jam pulag sekolah, tapi aku belum juga ketemu sama Ama, maklumlah kita nggak sekelas. Makanya sekarang aku nyamper kekelasnya dan waktu aku tanyain sama temen-temennya mereka bilang Ama nggak masuk sekolah, izin katanya. Aku makin bingung aja jangan-jangan Ama kenapa-kenapa soalnya udah dari kemarin nggak ada kabar. Aku otomatis panik dong, gimana enggak? Coba kamu deh kalo sahabat kamu ilang tanpa kabar selama 1 kali 24 jam? Panik kan? Iya aku juga, aku berusaha nelpon HP-nya tapi nggak aktif aku telpon ke tepon rumahnya nggak ada yang angkat.
                “ni anak kenapa sih? Nggak ada kabar seenak jidat! Apa dia bunuh diri gara-gara kucingnya ketabrak mobil 5 bulan yang lalu? Ah tapi nggak mungkin dia senekat itu aku tau kok Ama itu orang yang kuat, tabah, umm emang nggak enak ngomongin kebaikan dia. Yaudahlah”
                Udah 3 hari ini Ama nggak masuk sekolah, aku makin panik setiap dihubugi pasti nggak bisa. Di sms nggak dibales, di telpon nggak diangkat, di wall difacebook nggak direspon, di mention ditwitter nggak ada balesan juga, sampai-sampai aku telpon pak RT terdekat pun nggak direspon *ini apa nyambungnya?*. Aku udah galau banget pokoknya mikirin Ama aku takut dia kenapa-kenapa. Disaat genting aku nungguin dia, tiba-tiba ada BBM masuk, ternyata dari Ama. Dia bilang..

Nesh, gue 4 hari ini nggak ngabarin lo sorry banget ya, waktu pulang sekolah kemaren gue dikabarin kalo kakek gue koma di RS yahh jadinya gue harus pergi dulu ke Semarang sampe sekarang ternyata kakek gue meninggal. Gue minta maaf banget karena nggak ngasih kabar lo sebelumnya, gue tau lo sekarang pasti panik mikirin gue iya kan? Gue baik-baik aja kok cuma kemaren belon sempet ngasih kabar gara-gara sibuk luar biasa ngurusin ini itu jadi ngangkat telpon dan bales sms lo aja keteteran gini. Sorry banget ya..

Abis baca BBM ini aku terharu banget ternyata Ama lagi kena musibah, buru-buru deh aku bales BBM dari dia..

Iya Ma, nggapapa santai aja ok? :) gue turut berduka cita yah atas meninggalnya kakek lo :(  iya emang kemaren sampe sekarang gue panik banget mikirin lo Ma. Gue takut lo kenapa-kenapa tapi syukurlah lo baik-baik aja dan yang kenapa-kenapa itu kakek lo yah pokoknya baek-baek disana, cepet pulang, gue doain dari sini deh..

Menurut aku sih ini balesan terkurangajar dari seorang anak keren ke sahabatnya yang lagi kena musibah. Aku juga bingung kenapa bisa nulis begituan buat Ama. Akhirnya aku nyesel banget dan nangis dipojokan karena meratapi nasib yang kaya gini. Aku harap si Ama nggak marah pas baca balesan aku buat kakeknya, semoga amal dan ibadah kakeknya Ama diterima disisi-Nya J amin. Pas lagi asik-asiknya nangis dipojokan tiba-tiba abang datang tanpa Assalamualaikum dan otomatis bikin aku kaget nggak setengah-setengah.
                “ngapain lo disitu dek?”
                “ngagetin aja lo bang! Untung janung gue kuat, kalo enggak gimana nasib anak cucu coba? Ada apa sih? Masuk kamar orang nyelonong-nyelonog aja tanpa permisi, untung ini keadaan gue lagi nangis dipojokan nah kalo ini keadaan gue lagi ganti baju gimana coba?”
                “bawel banget ya lo, itu ada yang nyariin dibawah..”
                “siapa? Ama?”
                “bukan orang dia cowok, katanya namanya Rangga”
                “ngapain tu anak kesini? Yaudah mana anaknya?”
                “pacar lo ya? Beh anak SMP jaman sekrang masuk belon juga satu semester udah maen pacaran aja”
                “asal banget sih kalo ngomong bang? Itu temen sekelas, paling mau nganterin buku ato apa gitu. Udah ah gue mau nemuin dia, dasar anak rese”
Akupun turun ke ruang tamu, aku liat Rangga rapih banget kaya mau ngelamar kerjaan..
                “wei rapi bener, mau kemane?”
                “kerumah lo lah, liat aja gue udah dandan rapi kaya gini…”
                “ngapain musti dandan rapi? Lo mau ngelamar jadi sopir gue? Aduh sori pak Gendon belum pensiun”
                “enak aja, ini namanya missi tau, tadi gue pamit mau belajar kelompok kerumah lo, padahal sekarang gue ada tanding futsal. Yah tau sendiri lah mama gue nggak ngijinin gue maen futsal”
                “trus apa hubungannya ama gue”
                “banyak, pertama lo udah gue jadiin alesan buat kabur dari rumah dan yang kedua lo musti nemenin gue pergi ke arena futsal dan nemenin gue”
                “haaaah? Dalam rangka apa nih? Enak aja main nyulik anak kece”
                “please laaaa bantuin gue Nesh..kali ini aja..”
                “ok. Kali ini aja ya? Yaudah gue ganti baju dulu. Tunggu sini..”
Aku bergegas masuk kamar dang anti baju. Oh iya Rangga itu temen sekelas aku dia anaknya gila dan asik banget dia juga pemain futsal yang nggak buruk. Hehe tapi mamanya dia nggak pernah ngijinin Rangga buat main-main futsal. Rangga sendiri nggak tau kenapa apalagi aku?! Selesai ganti baju aku bergegas kebawah takut si Rangga bunuh diri karena kelamaan nungguin aku yang ganti baju.
                “lama bener lo? Pake mandi segala?”
                “enggak lah. Namanya juga anak kece pasti kalo ganti baju lama lah, namanya juga tuntutan keadaan”
                “yaudah anak kece, berangkat yuk”
                “ayook. Buuuk aku pergi ke mall dulu ya sama Rangga”
Belum sempat ibuk jawab pamitanku Rangga udah narik aku aja tanpa seizin aku *iyalah, gimana mau izin juga?* dengan langkah terburu-buru Rangga menaiki motor supercool miliknya dan udah mau berangkat aja, dia lupa mungkin kalo ngajak aku. Tadinya dia bener-bener lupa aja biar aku nggak usah repot-repot nemenin dia pergi-pergi gini. Tapi Allah berkehendak lain Rangga inget kalo dia ngajak aku jadi dia manggil aku buat cepet-cepet naik ke motornya. Emang kampret..
                Sesampainya di mall, aku Cuma ditinggal di foodcourt dan dia ngeloyor pergi buat main futsal. 1 jam..2 jam..5 menit..10 menit.. akhirnya Rangga dateng dengan muka penuh keringet tapi anehnya badannya nggak bau sama sekali. Bener-bener cowok idaman emak-emak *eh*. Dia dengan baik hatinya bayarin semua jajanan yang aku makan dan ngajak jalan aku ke toko buku dan nawarin mau beliin buku. Itung-itung buat ucapan terimakasih atas kesabaranku nungguin dia main fusal tapi karena emang pada dasarnya aku nggak suka baca yahh aku nolak tawaran itu dan lebih memilih pulang. Rangga setuju-setuju aja dan langsung nganterin aku pulang. Sampe rumah dia aku suruh mampir tapi nggak mau katanya dia mau langsung pulang aja. Baru masuk rumah belum sampai ruang TV, Bang Ferdi udah ngusilin aku..
                “ciee yang abis pacaran. Buk Anesh pacaran mulu tuh nggak mau belajar”
                “apaan sih bang? Males banget tau gak?”
                “alah, ngaku ajadeh kamu punya pacar kan? Tadi buktinya udah jalan berduaan aja”
                “apaan sih? Itu tadi Rangga namanya. Dia temen sekelas aku dia nyuruh aku buat nemenin main futsal. Udah gitu aja. NGGAK ADA KATA PACARAN!!”
                “ngotot amat neng? Pacaran nggak apa-apa juga kok. Lagian kalo bukan pacar kok mau disuruh nemenin main futsal? Menunggu kan pekerjaan membosankan”
                “udah terserah apa kata lo aja deh bang. Gue ngikut ya? Byee..”
Emang kampret yang namanya Bang Ferdi, lagi capek-capek gini malah digodain mati-matian kan bete. Galau gitu kalo kata anak abege zaman sekarang. Aku sebenernya nggak begitu tau apa definisi galau, yang jelas itu penyakit yang lagi mewabah banget akhir-akhir ini apalagi dikelasku. Tak pandang bulu, tua, muda, laki-laki, perempuan dapat terjangkit penyakit bernama galau itu. Aku mandi turun kebawah trus berebut nonton TV sama Bang Ferdi. Abis itu lanjut makan malam dan berbagai aktivitas malam lainnya.
Sampe pagi pun tiba, dan dengan tumbennya aku bangun pagi BAHKAN KEPAGIAN! Memang itu aktivitas biasa aja yang sering dilakukan sama remaja-remaja lainnya. Tapi bagi aku itu fenomena alam yang jarang banget aku lakukan, nah maka dari itu kejadian pagi ini aku jadikan moment keramat. Karena ini moment keramat jadinya aku langsung melakukan aktivitas yang tidak lazim aku lakukan. Seperti beresin kamar, bikin sarapan, dan tak lupa mandi pagi-yang-bukan-mandi-bebek kali ini aku mandi beneran dan pas aku sampe bawah aku bingung liat ekspresi ibuk yang kaget banget kaya abis liat balon yang gedenya kaya tugu monas, disusul bapak dan Bang Ferdi. Mereka bingung dan tercengang banget liat apa yang ada didepan mereka. Aku juga nggak tau what’s wrong with me? Tapi yaudahlah, aku seneng aja liatnya. Aku anggap itu adalah sebuah penghargaan luar biasa dari keluargaku. Setelah sampe kelas aku negrasa sebagai anak yang kesambet. Nggak tau kesambet apa, secara otomatis tanganku rajin banget nyatet dan kakiku ngegiring terus ke perpustakaan. Dan setelah sampai di perpus tanpa di duga dan disangka aku ketemu Kak Jojo lagi. Awalnya bingung, tapi tiba-tiba muncul pertanyaan “apa ini yang namanya jodoh?” ok bukan nggak mungkin aku jadi jodohnya kak Jojo toh dia kakak kelasku juga. Emang aneh aku ini.


J J J

No comments:

Post a Comment